04 July, 2009

ketulian vs stroke

Waspadalah jika Anda sering mengalami kehilangan pendengaran. Bisa jadi dalam beberapa tahun kedepan Anda bisa terserang stroke.

Peringatan tersebut disampaikan tim peneliti dari Taiwan setelah meneliti 1.423 pasien. Penelitian itu mengungkapkan, pasien yang kehilangan pendengaran, satu seetengah kali lebih besar terancam risiko stroke dalam lima tahun kedepan daripada pasien karena sebab lain.

Namun, para peneliti mengatakan hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Stroke tersebut masih dalam tahap awal. Mereka terus mendalami utnuk menemukan alasan keterkaitan tersebut. Kurangnya informasi tentang faktor risiko stroke pada pasien bisa mengaburkan temuan itu.

Yang diketahui selama ini justru sebaliknya. Stroke merupakan salah satu penyebab ketulian. "Sejauh yang kami ketahui, tidak ada penyakit celebrovaskular yang terjadi setelah kehilangan pendengaran secara tiba-tiba," ujar dr Herng Ching Lin dari Taipei Medical School of Health Care ADministration seprti dilansir situs bbc.com.

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP